26 May 2018

Cara Mudah Meningkatkan Memory Iternal Dan Ram Android


Dari awal smartphone android di operasikan, beberapa aplikasi bawaan sudah dibenamkan oleh google maupun phak merek smartphone didalamnya. Contohnya google video, google music, hangout, ms office dll.
Keberadaan aplikasi ini tentu tidak semua pengguna smartphone memerlukan atau menggunakannya. Alhasil, bagi pengguna smartphone yang tidak memakai aplikasi tersebut akan mubajir dan menguras memory penyimpan maupun ram android itu sendiri. Belum lagi data internet yang sering habis karena aplikasi-aplikasi tersebut diatas sering melakukan update.

Jika anda pengguna smartphone yang jarang bahkan tak pernah menggunakan beberapa aplikasi bawaan android, sebaiknya anda menghapus atau menguninstal aplikasi tersebut.
Untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak pernah anda gunakan, tentu ponsel pintar anda harus terlebih dahulu di root. Namun jika ponsel anda belom di root atau anda belum memahami memahami masalah root, anda bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak bermanfaat bagi anda dengan cara berikut:

  1. Dari menu pengaturan atau setting, pilih dan buka aplikasi.
  2. Pilih salah satu aplikasi yang jarang anda gunakan.
  3. Setelah itu akan muncul informasi berupa pilihan nonaktifkan dan paksa berhenti.
  4. Yang pertama anda pilih adalah paksa berhenti kemudian lanjutkan dengan memilih nonaktifkan.
  5. Lakukan langkah yang sama untuk aplikasi lainnya yang ingin anda nonaktifkan.
Untuk memaksimalkan pengaturan yang anda lakukan, restart smartphone anda. Selain cara tersebut diatas, sebagian ponsel pintar yang sudah mendukung os android versi 6 dan 7, dapat melakukan cara yang lebih gampang dengan hanya memilih dan menahan beberapa detik aplikasi di layar menu hingga muncul kotak dialog berupa pilihan: hapus aplikasi, nonaktifkan dan info aplikasi.

Artikel Terkait