10 June 2018

Daftar Siaran Digital Parabola Yang Menayangkan Piala Dunia 2017

Daftar televisi yang menyiarkan siaran langsung Piala Dunia 2018 melalui parabola yang dapat di pointing di sebagian besar wilayah Indonesia menggunakan parabola mesh/jaring maupun solid dengan lnb C-band dan KU-Band.

1. Indonesia
Trans7 dan TransTV akan menyiarkan Piala Dunia 2018, namun hampir dipastikan akan diacak dengan acakan maut Xcrypt. Trans7 HD dan TransTV HD (Measat 3) juga akan menyiarkan. Saat ini FTA, namun kemungkinan akan kembali diacak (berharap bisa terbuka melalui kartu Zeta nanti). Untuk kategori pay TV, ditayangkan oleh Transvision dan KVision. Sementara bagi penggemar siaran radio, RRI akan menyiarkan Piala Dunia 2018.

2. Australia
Di negara ini, hak siar dipegang oleh SBS One dan SBS One HD, yang akan menyiarkan sekitar 25 pertandingan. Kedua siaran tersebut FTA di Optus D1, namun menggunakan mode multistream, sehingga hanya rx yg support mode diatas yang bisa lock frekuensi SBS One. Meski demikian, masih ada harapan untuk menikmati lewat feednya (jika ada), sama seperti PD 2014 lalu dimana feed SBS One aktif di Intelsat 19 dan diacak Biss. Untuk kategori pay TV, ditayangkan oleh Optus Sport.

3. Selandia Baru
TVNZ ternyata tidak menyiarkan PD 2018. Hak siar dipegang oleh Sky Sport NZ (pay TV). Tapi tetap ada kemungkinan feed TVNZ ENC2 (Intelsat 19) ikut menyiarkan, dengan merelay dari Sky Sport NZ (seperti saat menayangkan A League).

4. Fiji
Fiji TV akan menayangkan PD 2018. Dan bisa dipastikan feednya akan ikut menayangkan juga (feed Fiji TV 01 dkk di Intelsat 19). Fiji TV menayangkan full match (64 pertandingan).

5. Papua Nugini
Untuk penayangan PD 2018 di negara ini, akan ditayangkan oleh EMTV (Intelsat 19). EMTV akan menayangkan live 56 pertandingan. Saat ini masih FTA, namun bisa saja diacak saat event dimulai, dan berpotensi menggunakan acakan maut.

6. Filipina
ABS CBN Group meraih hak siarnya, dan akan menayangkan secara full match di siaran ABS CBN Sports Action SD, Liga HD, dan Liga SD (Intelsat 19, PowerVu).

7. Timor Leste
Hak siar PD 2018 dipegang oleh Eto Telco TV, melui Eto TV dan Dili TV, dimana keduanya hanya aktif melalui terrestrial UHF di Timor Leste (bukan satelit). Dengan demikian, maka RTTL sepertinya tidak akan menayangkan event tersebut.

8. Malaysia dan Brunei
Pay TV Astro menayangkan PD 2018 secara full match untuk kedua negara tersebut. Dan RTM Malaysia (Measat 3, TandbergV1) juga dipastikan akan menayangkan, namun jumlah pertandingan yang akan ditayangkan belum diketahui. Untuk RTB Brunei, kemungkinan akan menyiarkan juga, sehingga bisa saja feed RTB kembali hadir di Measat 3 (sama seperti edisi PD 2014 lalu).

9. Laos
PD 2018 akan ditayangkan oleh TVLao HD dan TVLao 2. TVLao HD saat ini FTA (Thaicom 5 C), dan berpeluang diacak (belum diketahui jenis acakannya). Jadi untuk menyaksikan TVLao HD dan TVLao 2, ke Thaicom 5/8 KU. TVLao akan menayangkan secara full match.

10. Kamboja
CBS Group (CTN, MyTV, CNC) akan menayangkan secara full match. Siaran ini selalu konsisten menyiarkan liga-liga Eropa secara FTA, namun untuk event PD 2018, kemungkinan besar akan diacak Biss (sama seperti edisi PD 2014, dan juga Euro 2016).

11. Vietnam
Sejauh ini belum ada kepastian hak siar di negara ini. Satu-satunya siaran yang melakukan negosiasi hanyalah VTV Vietnam saja, dan sampai saat ini masih melakukan negosiasi hak siar dengan Infront Sports & Media. Pay TV di Vietnam pun hanya bergantung pada VTV pula.

12. Myanmar
Pay TV Skynet Myanmar akan menayangkan secara full match, di Skynet Sports HD, Skynet Sports 1 dan 6. Untuk MRTV masih belum diketahui.

13. Thailand
Lewat proses negosiasi yang alot, akhirnya pemerintah Thailand berhasil mendapatkan hak siar PD 2018, dan akan ditayangkan di True4U, TV5 HD1 (ATV CH5), dan Amarin TV HD. Ketiga siaran tersebut akan menayangkan secara full match. Sementara untuk pay TV, Truevisions akan menayangkan dalam kualitas 4K.

14. Bangladesh
Nagorik TV HD, Maasranga TV HD, dan BTV (National) akan menyiarkan PD 2018. Baik Nagorik TV HD maupun Maasranga TV HD dipastikan akan menggunakan acakan maut, namun BTV National (Asiasat 7) akan diacak Biss, dan masih bisa dijangkau dengan rx Mpeg2.

15. India
SPN Group akan menyiarkan PD 2018, melalui Sony Ten 2 (bahasa Inggris), Sony Ten 3 (bahasa Hindi), dan Sony ESPN (bahasa Bengali dan Malayalam). Ketiga siaran tersebut akan menayangkan sekitar 56 pertandingan. Sementara untuk 8 pertandingan lainnya, akan ditayangkan oleh Sony Ten 1 (bahasa Inggris) dan Sony Six (bahasa Hindi). Meski demikian, keterlibatan Sony ESPN dan Sony Six bisa dibilang masih simpang siur. Kepastiannya baru akan diketahui sekitar sepekan sebelum Piala Dunia dimulai.

16. Maladewa / Maldives
PSM Group (melalui TVM dan YES) telah memastikan akan menayangkan secara full match. TVM dan YES saat ini FTA, tapi akan diacak saat menayangkan PD 2018, tapi kemungkinan akan diacak dengan acakan maut Conax (sama seperti Euro 2016). Semoga saja feed TVM HD dan YES HD kembali muncul di Apstar 7 saat PD 2018 bergulir. Untuk siaran lainnya seperti VTV Maldives dan Raajje TV, belum ada info lebih lanjut.

17. Afghanistan
ATN (melalui Ariana National) akan menyiarkan PD 2018. Dulunya Ariana National aktif di Insat 3A. Tapi sepertinya sudah menghilang.

18. Nepal
Belum ada siaran yang akan menayangkan. Kemungkinan antara NTV dan Avenue TV, Kantipur TV HD, atau AP1 HD. Masih menunggu perkembangan info lebih lanjut.

19. Pakistan
Ten Sports Pakistan dipastikan akan menayangkan PD 2018. Kemungkinan akan menayangkan 56 pertandingan (sama seperti Sony Ten 2 untuk India). Kabarnya, PTV Sports (Paksat 1R) dan Geo Super akan ikut menyiarkan.

20. China
Hak siar PD 2018 sejak lama didapatkan oleh CCTV, dan akan menayangkan melalui CCTV5 HD/SD, CCTV5+, dan CCTV Soccer. Untuk XJTV5 belum diketahui.

21. Rusia
Sebagai tuan rumah PD 2018, Rusia ikut menyiarkan melalui Match TV, Channel One (Perviy Kanal) dan VGTRK (Russia 1). Dari ketiga siaran yang disebut, hanya Russia 1 yang bisa dijangkau, aktif di Yamal 202. Ada harapan feed PD 2018 juga aktif di Yamal 202.

22. Amerika Serikat
Pihak AFN masih bernegosiasi dengan FOX US untuk berbagi hak siar. AFN sendiri pernah menyiarkan PD 2014 lalu.

23. Serbia
RTS 1 Serbia akan menayangkan, dan saat ini aktif di Intelsat 19 KU (FTA).

24. Afrika
Satu-satunya yang dipastikan menyiarkan adalah Kwese Free Sports (Belintersat 1, Biss). Untuk siaran lain seperti Oromiyaa TV bisa saja menjadi kejutan nantinya.

+Feed
Seberapa besar peluang feed official Piala Dunia 2018 aktif di DVBS2?
Untuk feed dari EBU sudah pasti akan aktif di modulasi NS4 (Asiasat 5), baik dalam kualitas HD maupun 4K. Sementara untuk feed di satelit Yamal 202 kemungkinan akan aktif pula (seperti feed PD Konfederasi 2017 yang juga aktif di Yamal 202 dalam modulasi DVBS2). Semoga feed dari Arqiva juga muncul di Asiasat 5 saat PD 2018 bergulir.

Dari daftar siaran tersebut diatas, dibawah ini merupakan siaran alternatif terbaik yang dapat dengan mudah di pointing:
Thaicom 5 (Amarin TV HD, True 4U, dan TV5 HD1 dalam 1 frekuensi yang sama di 4080 H 30000, dan untuk KU Band ditambah dengan TV Lao HD dan TVLao2 serta CTN dkk), disusul oleh Intelsat 19 (duet Liga HD dan ABS CBN S+A SD, dipadu dengan feed Fiji TV dan TVNZ), terakhir adalah Asiasat 7 (duet Sony Ten 1 HD dan Ten Sports Pakistan, ditambah BTV National).

@forumsatelit

Artikel Terkait